LENGKUAS

Buat yang suka masak pasti tau dong yang namanya lengkuas kerabat dekatnyanya jahe atau kadang sama orang-orang Malaysia sana disebut galangal. Tapi selama masak pernah ngamati lengkuas yang dipake nggak? Mungkin karna aku pernah tinggal dibeberapa daerah mau nggak mau jadi teramati. Ternyata Lengkuas itu ada 2 jenis, merah dan putih.

Dulu banget sih nggak pernah tau. Taunya make aja. Terasa perbedaannya waktu berpindah tempat dari Samarinda ke Bali. Di Samarinda lengkuas yang dijual berwarna merah muda cantik sekali dan kelihatan segar. Rasanya hampir tidak pernah menemui penjual lengkuas yg kecoklat-coklatan disana. Dipotongnyapun gampang berbeda banget dengan lengkuas yang aku beli di Bali.  Warnanya putih nyaris  coklat dan kalo dipotong rata2x hampir memerlukan perjuangan. Sebenarnya nggak sering2x juga sih pake lengkuas. Cuman suka sebel aja pas lagi motongnya ketemu yang keras banget. Untung pakenya cuma seuprit,  gimana kalo butuh sebaskom wah bisa kapalan tangan gara-gara motong lengkuas doang. 😛

Untung si mami tercinta setiap setaun sekali pulang Samarinda, entah itu dalam rangka nengok makam kakek nenek atau menghadiri salah satu saudara yg kondangan. Jadi aku bisa titip dibawain lengkuas sana, yah lumayanlah buat bibit itung2x tambah koleksi taman perbumbuan. 🙂

Selidik punya selidik ternyata baru tau juga sebenarnya lengkuas merah itu lebih sering dipake buat obat. Sedang yang khusus buat masak emang yang putih. Tapi karna pertimbangan kemudahan aku lebih suka menggunakan lengkuas merah. Toh baunya sama aja plus dapat tambahan khasiatnya itu xiiix….xiiii

Untuk manfaat lengkuas  bisa dilihat dilink ini ya, phan aku bukan ahlinya.

Ini penampakan Lengkuas yg biasa dipake masak

lengkuas merah

Sedang ini penampakkan lengkuas merah. Gambar aku ambil dari sini. Karna lengkuas yg aku tanem kemarin masih kecil, kacian kalo mesti dicabut buat diphoto doang. 😛

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s