NENAS

Doyan banget sama buah yang namanya nenas. Saking doyannya sampai waktu hamil anak pertamapun ngidamnya makan nenas. Untung anaknya nggak kenapa2x. Maklumlah kata orang tua dulu kalo lagi hamil nggak boleh makan nenas entar bisa keguguran. Saking takutnya konsul sama dokter kandungan yang sungguh memberikan jawaban  melegakan.

Sewaktu tinggal di Samarinda haduh berasa disurga. Nenas disana besar-besar dan manis, mana yg jual dengan senang hati mau ngupasin. Sampai ada yg jual molen nenas segala, kalo nggak salah dulu jualannya di dekat jalan Tekukur dekat dengan sekolah anakku.

Dua tahun yg lalu pas acara tahun baru, aku kebagian bikin es buah.  Biasanya di Bali nenasnya mungil-mungil, Eh nemu yg jualan nenas bogor, rasanya manis. Karna aku masih belum menemukan penjual yg mau ngupasin akhirnya aku kupas sendiri dirumah. Lumayan ada Mahkotanya yang bisa aku tanem.

Bulan Oktober kemarin ketika pulang dari liburan galungan ke Malang. Pohon nenasku memperlihatkan buahnya. Ibarat setetes air dipadang gurun karna beberapa tanamanku mati setelah ditinggal.

DSC09858

Hore seneng banget nyingkrak2x sampai nari opa gangnam style (Lebay mode on). Berharap buahnya semanis si induk. Tiap hari dilihatin rasanya nggak sabar nunggu matengnya. Hari berganti hari di awal Februari Aq menemukan si buah patah dari batangnya wah matang pohon nih pikirku. Sore hari pulang dari toko semangat ambil pisau cres-cres. Begitu ngicip mataku langsung merem melek. Uasemnya pol hik…hik ternyata setelah sekian lama buahnya masih belum mateng. ya sutralah jadi campuran es buah saja. Tau gini disambung lagi pake isolasi ha…ha…..

Ya sudahlah kita tinggalkan sepengal cerita tentang nenasku. Sekarang kita cari tau manfaat nenas buat kesehatan ya. Acuannya ya tentu saja si mbah google. Aku nemu di sini

Ada banyak manfaat buah nanas yang bisa kita dapatkan jika ia dikonsumsi secara teratur setiap hari, antara lain:

  1. Melancarkan pencernaan. Sama seperti buah lainnya, nanas juga kaya akan serat alami yang baik dalam melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan manusia. Pencernaan yang lancar akan memberi pengaruh yang positif bagi keseluruhan sistem tubuh.
  2. Membantu proses penyembuhan. Tahukah Anda bahwa buan nanas mengandung enzim bromelain. Senyawa ini diketahui bisa membantu proses penyembuhan luka serta mengurangi bengkak atau radang pada tubuh. Jadi, apabila seseorang sedang dalam masa recovery, berilah ia buah nanas.
  3. Sebagai detox alami tubuh. Manfaat nanas yang satu ini masih terkait erat dengan keberadaan enzim bromelain. Senyawa ini mampu membersihkan tubuh dan menyeimbangkan kadar keasaman yang ada di dalam darah.
  4. Mengefektifkan sistem metabolisme. Tahukah Anda bahwa nanas mengandung aspartic acid yang melimpah. Asam ini memiliki fungsi sebagai asam amino, dengan demikian ia berperan aktif dalam melancarkan sistem metabolisme tubuh. Asam aspartic ini juga berperan dalam pembuangan asam ammonia, yakni racuk yang cukup berbahaya bagi sistem syaraf pusat manusia.
  5. Menambah daya tahan tubuh. Jika kita mengkonsumsi buah nanas secara rutin, daya tahan tubuh akan meningkat sebab buah nanas memang mengandung asam amino esensial juga non-esensial yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi perasaan lelah dan lesu seta memompa stamina juga energi.
  6. Memperkuat otot jantung. Manfaat buah nanas yang satu ini bersumber dari zat valine yang ada di setiap daging segarnya. Zat ini mampu mempertahankan kadar energi di dalam tubuh. Selain it, ia juga mampu menopang fungsi sendi juga tendon dan menguatkan otot-otot di sekitar jantung.
  7. Menyuburkan rambut dan menunda penuaan. Tahukah Anda bahwa nanas mengandung senyawa yang diberi nama Cystine. Ia sangat bermanfaat dalam proses pembentukan kulit juga rambut. Ketersediaan cystine dalam tubuh akan membantu memperlambat penuaan.
  8. Mengurangi stress. Bagi Anda yang selalu merasa tertekan, banyak-banyaklah mengkonsumsi buah nanas sebab berdasarkan penelitian Wend an Wroslstad dari Oregon State University, nanas diketahu memiliki kandungan senyawa seratonin. Senyawa ini mampu mencegah kanker serta menciptakan rasa bahagia di dalam diri manusia dengan demikian ia akan terhindar dari stress.
  9. Menghaluskan kulit. Kandungan air pada buah nanas diketahui mampu mengangkat sel kulit yang telah mati. Enzim yang terkandung di dalamnya juga diketahui bisa membantu jaringan kulit yang luka menjadi sehat kembali seperti sedia kala.
  10. Menanggulangi obesitas. Buah nanas ternyata bisa menurunkan berat badan! Caranya cukup dengan mengkonsumsi air perasan buah nanas yang belum matang betul. Lakukan setiap hari dan liahatlah hasilnya.
  11. Meredakan radang pada tenggorokan. Manfaat buah nanas lainnya adalah mengobati radang tenggorokan. Caranya cukup mudah yakni dengan mengkonsumsi jus nanas 3 kali dalam sehari.
  12. Meredakan kembung di perut. Untuk mendapatkan manfaat buah nanas yang satu ini, caranya cukup mudah yakni dengan mengkonsumsi jus buah nanas kira-kira 30 menit sebelum makan. Lakukanlan ritual ini minimal 3 kali dalam sehari dengan takaran 150 sekali minum.
  13. Meredakan radang pada kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini cukup lumatkan buah nanas dan kemudian balurkan pada bagian kulit yang radang semalaman. Besoknya bersihkan kulit dan amati hasilnya.
  14. Untuk mengatasi ketombe pengganggu. Caranya dengan menambahkan air perasan nanas bersama dengan jeruk nipis. Aplikasikan di kulit kepala yang berketombe. Lakukan langkah ini setiap hendak tidur. Esok harinya, keramas seperti biasanya.
  15. Mengatasi sembelit. Untuk terhindar dari masalah ini, minumlah air perasan nanas yang belum matang sempurna. Air yang masih asam tersebut akan mengusir sembelit yang Anda alami.
  16. Melancarkan haid. Nanas mengandung suatu senyawa yang diketahui bisa melancarkan haid. Saking ampuhnya, nanas dilarang untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang hamil.
  17. Memperbaiki gairh dan kualitas sperma pria. Manfaat buah nanas yang satu ini khusus bagi mereka yang telah berkeluarga dan belum diberikan keturunan. Konsumsi nanas secara rutin akan mengatasi permasalahan Anda.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s