PUFF PASTRY

DSC00010

Dulu sekali jaman kuliahan sudah pernah bikin puff pastry yang resepnyadi  dapat dari Nova. Cuman waktu itu pake korsvet. Bisa berlapis sih masalah dimakan rasanya ngendal di lidah. Penasaran cerita adek yang bilang bikin puff pastry nggak usah pake korsvet cukup pake butter aja. Hasilnya enak tapi pembuatannya agak rumit karna butuh bolak balik masukin ke kulkas, mending juga beli. Pantang menyerah ah hunting resep di google dan youtube.

Masa yang lain bisa aq nggak bisa….Ketemulah resep di sini.

Kalau dilihat dari resep tersebut perbandingan tepung dan butternya sama. Maka ku konversikan sendiri pake ukuranku.Untungnya berhasil Hore…..Emang pengerjaannya makan waktu tapi aku mengilas adonan seingatnya aja. Kadang adonannya lbh dari 2 jam dalam kulkas. Yang penting butternya tdk cair.

Disini aq kasih isian dari apel yg tersisa waktu bikin isian karipap kemaren.

Bahan

  • 200 gr terigu
  • 200 gr butter aq pake Elle
  • 1/2 cup Air Es
  • 1/2 sdt garam

Cara

  1. Campur tepung terigu, garam dan air es. Uleni sampai kalis. Masukkan dalam kulkas
  2. Ambil butter potong kotak-kotak
  3. Ambil adonan terigu gilas tipis, Taruh butter ditengah lipat seperti amplop. Masukkan dikulkas +/- 1 jam
  4. Gilas tipis. Lipat 3 masukkan dikulkas +/- 1 jam
  5. Ulangi ini 4 sampai 5 kali
  6. Potong2x panggang
  7. Kalo mau diisi silahkan. Kalo tidak pun tidak apa karna tanpa isipun enak

DSC00012

Iklan

JAHE MERAH

DSC00005

Kemarin beberes taman belakang yg udah nggak keliatan modelnya. Habis semua-semua ditanam. Motongin daun-daun jeruk yg jelek kena hama dan sebagian di makan belalang. Mindahin serai dalam pot ke tanah biar tumbuhnya lebih bagus. Eits ketemu harta terpendam si Jahe merah yang daunnya tumbuh lebat dan subur. Melonggok ke dalam pot terlihat sebagian rimpang yg berwarna merah nyembul sebagian dari permukaan tanah, panen-panen. Kebetulan pula anak yg kecil pilek dan batuk nggak sembuh-sembuh. Males banget dibawa kedokter paling juga dikasih antibiotik, Mending juga diobati  dulu dengan ramuan alami kebun sendiri.

Kalau dari data yang saya peroleh,  jahe merah atau yg nama latinnya Zingiber officinale Roxb. var Rubra atau Zingiberaceae Officinale Roscoeatau Zingiberaceae Officinale Rose mengandung zat aktif  bermanfaat, diantaranya :

· Limonene : sebagai obat flu.
· Cineole : mengatasi ejakulasi prematur dan merangsang ereksi.
· Alpha-linolenic acid : merangsang kekebalan tubuh.
· Arginine : mencegah kemandulan dan memperkuat daya tahan sperma.
· Aspartic acid : penyegar dan meningkatkan semangat dan gairah.
· Capsaicin : merangsang ereksi dan meningkatkan aktivitas kelenjar endokrin sehingga meningkatkan gairah seksual.
Bahan
  • Beberapa rimpang jahe merah
  • 3 gelas air
  • Madu

Cara membuatnya

Rebus jahe merah dengan 3 gelas air sampai menjadi 2 gelas. Beri tambahan madu, siap disajikan. Minum selagi hangat.

Cuman yg diperlu diperhatikan bagi penderita maag, minumnya setelah makan

DSC00009