RED VELVET

DSC09947

Hampir seminggu ini hunting resep kue buat ultah mama mertua. Antara mau bikin opera dan red velvet. Ditimbang dan dipikir2x akhirnya diputuskan red velvet aja. Pengerjaan sptnya tidak terlalu susah apalagi untuk ukuran amatir seperti saya.

Nemu resepnya mba Hesti dan Mba Endang. Dipelotin hampir tiap hari. Siapa tau bisa di mix. Hasilnya diputuskan pake punya mba Endang apalagi saran Ade yg jago bikin kue. Red velved yang dikukus tektur kuenya akan lebih moist. Ini dia yang dicari.

Sehari sebelum hari H ke toko bahan-bahan kue nyari cream chese dan krim kental yang sdh pasti tidak ada persediaannya dirumah. Jujur aja saya sebelumnya tidak pernah bikin kue dengan menggunakan cream chese. Sampai disana nyari cream chese dan krim kental. Krim chese nemu dengan mudah karna ada tulisannya disana. Nah giliran krim kental bingung setengah mati. Adanya krim untuk masak dan whippy cream. Haduh biyung begini nasib amatir mau nanya ke pakar, Hpnya ketinggalan. Pake ilmu para gambler diputuskan ngambil whippy cream aja.

DSC09973

Tak terduga karna sinyal telepati begitu kuat si ade tau-tau nongol di toko bahan kue yg sama. Hore ….langsung jingkrak2x kegirangan bisa dapat pencerahan nih dari sang pakar. Bener aja ternyata whippy cream bisa digunakan sebagai pengganti krim kental .  Ade mengajurkan whipy cream yg biasa dia pake krn yg aku ambil tadi rasanya kurang nyummy.

Proses pembuatan awalnya lancar, tidak ditemui kendala berarti kecuali bit yg mestinya diblender aku haluskan pake garpu. Hasilnya keliatan masih meringkel-meringkel waktu dicampurkan dalam mentega. Untungnya ketika kue matang tidak mempengaruhi rasa. Waktu pengukusan dalam resep tertulis 30 menit ketika mau diangkat kue masih tampak goyang dan basah. Jadi waktu pengukusan saya tambah lagi 30 menit.

Tunggu punya tunggu kue tampak keluar dengan indah. Wow takjub sendiri, tapi bentar loh warnanya kok nggak merah malah coklat. Ooo……spt biasa saya terlalu kreatif mengubah resep dgn menambahkan 15 gr lagi coklat bubuk berharap hasilnya merah tua agak kecoklat-coklatan ternyata yg dominan malah coklat hik.hik….apa hendak dikata kue harus tetep lanjut dibuat, waktu sudah tidak memungkinkan lagi untuk mengubahnya. Hasilnya tratata…..Brown velvet jadilah sudah

Bahan A
– 75 gr bit kukus yg sdh diblender

Bahan B:

–       4 butir telur ukuran sedang

–       150 cc susu cair

–       1 buah jeruk lemon, peras airnya

Bahan C:

–       220 gram mentega/butter

–       200 gram margarine

–       200 gram gula pasir

–       1 sendok teh vanila ekstrak

–       1 sendok makan pasta pewarna merah

Bahan D (ayak jadi satu):

–       400 gram tepung terigu protein rendah

–       35 gram coklat bubuk

–       1 sendok teh baking powder double acting

–       1/2 sendok teh garam

Topping cream cheese:

–       250 gram cream cheese dikocok sampai lembut

–       250 gram Krim kental kocok sampai mengental

–       150 gram gula halus (haluskan gula pasir dengan blender)

–       1 sendok teh rhum essence (optional)

Cara

  1. Siapkan loyang yang sdh dialasi kertas roti diolesi minyak dan ditaburi terigu
  2. Panaskan Dandang kukusan. Tutupnya diberi serbet bersih.
  3. Campur bahan B sisihkan
  4. Campur bahan D sisihkan
  5. Kocok bahan C semua sampai lembut dan mengembang. Masukkan Bahan B dan Bahan A dalam bahan C mixer sampai rata
  6. Masukkan bahan D aduk dengan mixer kecepatan rendah.
  7. Tuang dalam loyang dan kukus dengan api sedang selama 1 jam.
  8. Balik kue dan masukkan sebentar kedalam kulkas.
  9. Belah kue jadi 2 bagian. Aku mengunakan benang hasilnya jauh lebih rata dan halus ketimbang menggunakan pisau. Olesi bahan toping
  10. Bahan toping Cream cheese dan krim kental yg sdh dikocok masing-masing terpisah campur jadi satu

DSC09948

Iklan

KARIPAP PUSING ISI APEL

Kalo baca resep-resep yg bertebaran di internet biasanya karipap makanan upin ipin ini berisi daging dengan olahan bumbu kari. Dari asal namanya saja Curry Puff pasti bisa ditebak isinya spt apa dong.

Namun karna anak kemarin pulang study tour membawakan oleh2x sekantong apel. Maka dicobalah mengganti isian si Curry tadi dengan apel yg sdh dimasak dengan sedikit gula, sepotong kayu manis dan perasan jeruk nipis. Biasanya apel yg diolah spt ini dibuat isian pastry tp sekali-kali ganti suasana. Boleh dong?

Hasilnya orang rumah suka. Suami yg biasanya tidak suka apel diolah macam2x kecuali buat campuran salad bilang enak.  Satu resep yg aku gunakan ternyata menghasilkan 20 biji. Sebagian digoreng. Sebagian kecil aku panggang. Untung manggangnya cuman 3 aja. Ternyata tekstur yg dipanggang jauh lebih keras dari yang digoreng. Orang rumah lebih suka yg digoreng lebih cruncy.

Resep kulit yg aku pake, adalah resep mba Vivi. Hasil buatanku jauh dari rapi. Next mau nyoba lagi.

Untuk isi karna bikinnya di toko dan tidak tersedia timbangan yang dipake adalah resep kira-kira, sambil masak sambil ngicip disesuaikan dengan seleraku.

KARIPAP PUSING

Bahan A :
75 gr     Mentega
50 gr       Minyak goreng (nyoba nambah sendiri)
150 gr     Tepung terigu

Bahan B :
350 gr     Tepung terigu
1/2 sdt    Garam
25 gr       Margarin
175 cc     Air

Cara membuat :

  1. Campur bahan A, uleni hingga kalis, bulatkan. Letakkan diwadah tertutup, sisihkan.
  2. Campur bahan B, uleni hingga kalis, bulatkan. Diamkan kurang lebih 15 menit.

  3. Tipiskan adonan B kemudian letakkan adonan A ditengah. Lipat adonan B hingga menutupi adonan A. Tipiskan adonan kemudian gulung (lakukan menggulung dan menipiskan hingga 2 kali seperti membuat kulit pastry). Terakhir gulung  dan rapatkan.

  4. Potong-potong adonan yang suda h digulung tadi (kira2 setebal 1cm) kemudian tipiskan. Isi dengan isian kemudian rapatkan pinggirnya dengan cara di pilin (dicubit). Goreng karipap dengan api sedang hingga matang.

DSC09940 DSC09936

TENTANG HALAMANKU

Dari dulu hobie banget sama yang namanya tanaman. Stres seberat apapun kalo sudah lihat tanaman rasanya hilang separo. Biarpun dari beberapa yang ditanam tidak semuanya hidup ataupun menghasilkan. Maklum namanya juga amatiran.

Sekarang punya teman di grup FB yg punya hobie serupa jadi tambah semangat dan mengila. Lha gimana tidak? Wong punya halaman secuprit karna dapat bibit gratis semua-semua mau ditanam haha..ha…Tapi sunguh lho bertanam itu punya kenikmatan yg tiada tara, Apalagi kalo tanaman itu sampai menghasilkan, yah walau cuma buat konsumsi sendiri dan tidak menambah pundi-pundi emas rasanya itu seperti sudah memenangkan 10 pertandingan lari maraton (lebay mode on).

Awal yg ditanam sih bumbu-bumbu dapur seperti lengkuas, kencur, kunyit, jahe, serai, daun jeruk purut sampai pernah nanam daun salam dan pisang segala. Alasannya kalo masak lupa beli bumbu satu masih ada cadangan dirumah. Repotkan kalo mesti balik lagi kepasar. Bukan gw banget gitu lho. Sekarang mulai merambah ke cabe, terong dan kacang-kacangan. Termasuk beberapa pohon buah. Waktu tinggal di Kalimantan tidak masalah karna halaman belakang lumayan cukup untuk ditaruh beberapa pohon buah. Karna di Denpasar harga tanah lumayan muahalll syukur2x dibelakang rumah masih tersisa lahan walaupun cuman seuprit, patut disyukurin.

Edamame

SOP DAGING KACANG IJO

Hampir tiap hari pusing mikirin menu makan. Apalagi kalo orang dirumah kesukaannya berbeda-beda. Yang kesukaannya sama aja  pusing apalagi yg beda.Double komplek dah judulnya.

Cari inspirasi dikamar atas ketemu resep bu Siska. Sop daging kacang ijo. Wuih kayaknya mantaf nih, apalagi bulan ini hujan sering menguyur Denpasar. Hayo semangat dipraktekin, tentu aja di modip dikit sesuai dengan ilham saya he..he…he…Untung kali ini berhasil dengan sukses.

Anak yang besar ngasih two tumb buat masakkanku kali ini. Bapaknya nambah sampe 2 piring. Biar nggak lupa dicatat ah dibuku primbon ini biar lain kali bisa dipraktekkan ulang.

Bahan:

  • 1/’2 kg daging sapi (paling enak sandung lamur)
  • 1 ruas kayu manis yg dimasak bersama kacang ijo
  • 1 mangkok kacang ijo rebus sdh ditiriskan airnya
  • 3 btr cengkeh
  • 1 ruas jahe
  • 1/4 btr pala digerus
  • 1/2 btr bawang bombay
  • 2 siung bawang putih (cincang halus)
  • 1 siung bawang merah iris kasar
  • 3 bh wortel iris
  • 2 bh tomat bagi 6
  • garam

Pelengkap

  • 3 batang daun bawang prei diiris halus
  • seledri
  • bawang goreng

Cara

  1. Rebus kacang ijo bersama kayu manis sampai mekar tiriskan
  2. Rebus daging potong kotak-kotak sampai empuk sisihkan
  3. Tumis pala, cengkeh,bawang bombay sampai agak layu, masukkan bawang merah dan bawang putih dan jahe
  4. Masukkan dalam kaldu daging tumisan bawang, wortel, tomat, dan kacang ijo, daging dan garam.
  5. Rebus sampai wortel empuk.
  6. Sajikan bersama daun bawang, seledri dan bawang goreng.