MANISAN KULIT JERUK

tmp_29144-16-12-05-18-27-00-548_deco1484847309

Sudah dari beberapa tahun yang lalu melihat cara pembuatan manisan kulit jeruk berseliweran di medsos saya dan beberapa Tv chanel memasak. Rasanya kok males membuatnya, bayangan saya rasanya bakal pahit dan sedikit getir agak manis gimana gitu. Duh ogah banget…mending juga jadi bahan kompos.

Beberapa bulan yang lalu di ajak suami ngedate makan ronde pinggir jalan. Tempatnya kecil bersih, tapi jangan salah varian rasa yang dijual nggak seperti kebanyakan ronde pinggir jalan. Kami memilih white and black ronde yang di recomen pedagangnya dan ronde coklat. Dua-duanya enak, yang white and black ketika digigit langsung tercium aroma wijen hitam bercampur butter. Sedang yang coklat sensasi rasanya perpaduan coklat dan aroma jeruk yang nikmat.

Dapat bocoran dari penjualnya jika isian coklatnya dicampur manisan kulit jeruk buatan sendiri. Malah menurut dia kadang beli sunkist berkilo-kilo hanya untuk diambil kulitnya untuk dibuat manisan. What?….Saya langsung garuk-garuk kepala yang tiba-tiba berasa gatal. Kulit jeruk yg saya buang-buang ternyata rasanya bisa seenak itu.

Kebenaran ada acara natalan bersama teman-teman Sabtu lalu. Masing-masing keluarga membawa potluck untuk dimakan bersama. Saya buat udang jeruk kesukaan suami….sdh bisa dipastikan kali ini saya memiliki limbah kulit jeruk. Buang tempat sampah he…he…tidak lagi setelah saya tau rasanya bisa senikmat itu.

 

tmp_29144-16-12-05-18-18-48-129_deco1652786102

MANISAN KULIT JERUK

Bahan

3 buah jeruk sunkist diambil kulitnya

3 cup gula

1 cup air

gula untuk taburan

 

Cara

  1. Cuci bersih kulit jeruk lalu tiriskan
  2. Buang sponge putih yang ada dibawah kulit jeruk, caranya balik kulit jeruk dengan posisi sponge putih menghadap keatas, tekan lalu iris diantara sponge putih dan permukaan kulit jeruk
  3. Didihkan air, rebus kulit jeruk sebentar 5-10 menit buang airnya
  4. Taruh 1 cup air di panci, masukkan gula didihkan sampai gula mencair dan agak berserabut. Masukkan kulit jeruk didihkan sampai gula mengental dan tiriskan
  5. Sebar kulit jeruk diatas permukaan wadah, angin-anginkan sampai setengah kering beri taburan gula pasir. Diamkan dalam wadah terbuka dalam kulkas selama sehari sampai kering
  6. Kulit jeruk siap disantap atau untuk bahan campuran

tmp_29144-16-12-05-18-17-42-553_deco2091178708

 

LEMON BALM

Lemon Balm atau bahasa ilmiahnya Melissa officinalis  masih merupakan keluarga dekat dengan mint merupakan tanaman Eropa, Iran dan Asia Tengah yang menyebar ke Amerika dan beberapa negara lainnya.

Saat mengunyah daunnya yg tercium adalah perpaduan aroma lemon dan mint yang nikmat. Tidak salah apabila banyak di gunakan dalam campuran teh dan salad.

Karna yang saya dapatkan satu pot dengan kondisi tanaman sudah sehat dan bagus yg saya lakukan adalah cuma tinggal merawat dan memperbanyaknnya seperti biasa. Jaga-jaga kalo tanaman yang satu mati saya masih punya cadangannya.

tmp_1200-p_20161202_074740_vhdr_on-1290182462

Dari beberapa artikel yang saya baca tanaman ini kaya akan antioksidan. Merupakan bahan populer dalam produk anti penuaan dan supplement makanan.

Mau awet muda mungkin saatnya mambahkan lemon balm ini kedalam salad anda ha…ha….

Tapi saya tertarik untuk memasukkannya kedalam campuran cookies saya. Mumpung menjelang natal saatnya hunting resep dan bereksperimen dgn kue kering.

THAI GREEN CURRY

Akhirnya kesampaian juga bikin curry thailand yang kata orang-orang enak ini.

dsc02325

Bermula dari punya tanaman basil Thailand yang nggak ngerti mau digunakan untuk masak apa. Mulai deh pencarian di mesin google seperti biasa. Yang sering banget di kupas ya si curry ijo ini.

Banyak yang bilang enak, sampai jadi penasaran untuk membuatnya. Tapi ya seperti lagu yang dulu-dulu keinginan selalu dibunuh dengan keenganan. Sampai suatu siang lagi nengok pohon cabe yang lagi cantik-cantiknya berbuah lebat  bikin ngiler tetangga kanan kiri, maklum  saat ini harga cabe nembus angka 140.000 perkg mengalahkan harga daging tumbang tertimpa tangga 😦

Sesal dan marah tidak berguna….lebih baik mewujudkan keinginan yg sdh lama terpendam cabe ijo kita bikin green curry toh nyaris semua bahannya ada dirumah dan beberapa tinggal ambil dari kebun sendiri serai, cabai, basil thailand, daun jeruk purut plus buahnya. Yang nggak ada cuma daun ketumbar, tapi bisa  beli di Supermarket dekat rumah.

Resep yang aku pake Green Currynya  Jemie Oliver sedikit disesuaikan dengan bahan yang ada.

 

THAI GREEN CURRY

2 Buah paha ayam ambil daging lalu potong kecil-kecil

6 bh jamur Champion

2 bks kelapa ambil santan

2 batang serai

6 lembar daun jeruk purut

1 bh jeruk purut

daun basil thailand

Bumbu halus

4 siung bawang putih

2 Siung bawang merah (aku pake 4)

1/2 sdt jintan

1 kerat jahe

1 pohon daun ketumbar berserta akarnya

5 bh cabe kecil iji

2 bh cabe Ijo besar

2 sdm saus ikan (aku nggak pake)

Cara

  1. Semua bahan bumbu aku haluskan pake blender
  2. Tumis ayam dan jamur dengan sedikit minyak sisihkan
  3. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk dan serai sampai wangi.
  4. Masukkan santan didihkan dengan api kecil, masukkan ayam dan jamur
  5. Bumbui garam dan penyedap jamur. Masukkan air jeruk purut beri daun Thai Basil. Hidangkan

 

 

dsc02319-copy

BISKUIT ULAT BULU

Mau bikin kue kering buat natalan tahun ini kok ya berasa banget malesnya. Padahal udah buka-buka resep.

Karna ilham nggak dapert-dapet, maunya sih beli saja.  Kemarin pas kencan dengan suami ke mal tekadnya sudah bulat untuk Natalan tahun ini kuenya beli. Begitu nyamperin toko kue dan lihat harganya rencana langsung dibatalkan. Moso harga untuk setoples kecil kue kering mendekati seratus ribu. Ada sih yang murah tapi takut rasanya nggak jelas.

Yang terbaik ya buat sendiri, bahannya kan kita juga pake yang premium. Lagian toh cuma bikin kue kering…. kecil, tingkat kegagalannya jarang terjadi.

Akhirnya pilihan kue saya jatuhkan pada biskuit ulat bulu yg sudah lama bertebaran di med sos teman2 dari negri Jiran Malaysia. Suka warna ijonya dan bentuknya yg cantik. Smua bahan disiapkan sampai pasta pandannya pun khusus saya beli untuk bikin biskuit ini.

Lah tapi ternyata kenyataan tidak sama seperti yang dibayangkan, mungkin karna saya terlalu menyepelekan…beberapa kue saya bahasa Indonesia kerennya bledos, meledak dengan sukses selama masih dipanggang. Entah salah dimananya, mungkin karna saya terlalu banyak berekperimen dgn bahan….nyaris putus asa wong saya bikinnya sedikit. Akhirnya kue saya panggang dengan api kecil. Jadinya setengah cantik dan setengahnya lagi buruk rupa. Rasanya sih menurut saya lumayan karna pake perjuangan dan doa he…he…

tmp_19477-16-12-28-05-38-49-527_deco1553670162

 

Biskuit Ulat Bulu

Bahan-bahan :

300 gr tepung terigu

150 gr tepung maizena (saya ganti tepung kanji)

50 gr susu tepung( karna nggak ada saya nggak pake)

180 gr minyak sapi (butter)

100 gr margarin

100 gm gula icing

Pasta pandan hijau

Buah kurma yg dipotong memanjang, lebih kurang 6 irisan drpd 1 biji buah kurma (saya ganti kismis)

Castor sugar (Hiasan..tabur diatas biskut)

Cara

  1. Kocok mentega dan gula sampai tercampur rata
  2. Masukkan tepung dan pasta  pandan
  3. Ambil adonan bentuk bulat masukkan isian lalu bentuk lonjong
  4. atasnya tekan secara perlahan dengan garpu
  5. Panggang dalam api kecil selama 1 jam
  6. Selagi masih panas taburi dengan gula pasir

 

JATI LUWIH

img-20161126-wa0024

Sekian tahun tinggal di Bali, ke Jati Luwih yang terkenal keindahan terasiringnya sampai manca negara baru sekarang hu…kacian banget.

img-20161126-wa0022

Kesananya tidak direncanakan, wong lagi ngademin badan mau mandi karna habis senam udah gitu mau lanjut kerja..tau2x hp berdering dapat telp dari ade

“Ce, aku mau ke Jati Luwih ketempat customerku yg jual herbs lu mau ikut nggak?”

Nggak pake mikir panjang lagi..langsung ho oh aja. Kerjaan bisa ditunda sampai Senin he…he..

Janjinya jam 09.00, yang jemput baru munculnya baru 10.15..Tepok jidat..Namanya nunut dan sudah di ajakin saya mah cuma bisa pasrah wae.

Setelah sekian jam perjalan karna mampir dulu nganter barang dan tanya-tanya lokasi,akhirnya nyampe juga. Ternyata ade sayapun belum pernah kesini. Untungnya tinggal dikampung walau lokasinya besar semua saling mengenal jadi tidak susah nyarinya.

Basa basi sebentar di rumah si bapak yg punya kebun sambil nyulik se pot tyme plus lemon balmnya kita meluncur ke kebun herbnya. Kebunnya sih nggak terlalu jauh.

Begitu pintu mobil dibuka wow…amasing…indah seperti berasa diatas awan.Memandang rumah2 yg nampak spt rumah kurcaci dari ketinggian dikelilingi pegunungan dan diselimuti awan tipis..kerennn.

Kita juga di sambut sekumpulan ibu-ibu yg asyik membersihkan hasil panenan dan istri pemilik kebun dengan ramah

img-20161126-wa0020

Kebunnya jauh dari bayangan saya. Saya pikir herbsnya tertata dalam pot-pot mungil, diatur serapi mungkin. Sayurnya sih memang di tanam seragam. Namun seakan cuma dirawat sekenanya dan untuk menghindari hama dan hujan yg merusak,tanaman di tutupi kubah plastik.

img-20161126-wa0019

Untuk pembibitan dilakukan dalam buluh bambu yang sengaja belah dua dan di isi tanah lalu disebar biji bakal bibit..Beberapa malah tampak mengalami etolasi kurus tinggi dan menjulang.

p_20161126_132355_vhdr_on

Anehnya dgn perlakukan begitu hasilnya tetap bisa gede dan subur.Tyme,oregano dan beberapa herbs tumbuh bak tanaman liar merambat kemana mana memenuhi bedengan tanah.

p_20161126_130909_vhdr_on p_20161126_130520_vhdr_on p_20161126_130827_vhdr_on

Ibu  pemilik kebun dengan sabar menjawab pertanyaan kita. Duh senangnya…Dengan semangat saya ngicip setiap daun herbnya baru yg dijumpai…Rasanya kadang seperti obat pahit getir dengan bau yg tidak pernah saya kenal. Yang terakhir nyoba satu daun yg bisa dipake rujak lupa namanya, rasanya seperti mangga muda kecut tp nikmat.img-20161126-wa0021

Saking baiknya si ibu pulang pun bibit herb dan sayur yg niatnya kita beli semua diberikan gratis. Ditambah sekantung besar Sawi dan Wortel.Ah ibu kami jadi nggak enak hati sdh ngerepotin masih dibekalin pula.

fb_img_1480159617558

Sebelum pulang oleh pak Trisna nama pemilik kebun kami diantar ke spot terbaik lokasi obyek wisata terasiring di Jati Luwih yg terkenal.Dan baru tau juga disana sdh disediakan rute bagi yg gemar trekking. Next mau nyobain, waktunya entah kapan 🙂

fb_img_1480159576397

Walau cuaca mendung pemandangannya tetap ciamik…Bali memang tak salah jika disebut pulau Surga.

 

APAM MENUL-MENUL

p_20161120_070250_vhdr_on_1_1

Susahnya kalo lagi kangen makanan sedang yang jual nggak ada di daerah yg kita tinggali saat ini. Cara satu-satunya ya buat sendiri. Sekarang gampang tinggal searching resep di internet. Namun kadang yg didapat, rasa antara yg diharapkan dengan realita berbeda 180 derajat.

Seperti kali ini….kangen makan apem hijau khas Samarinda. Apemnya berbeda dari apam yg biasa kita jumpai. Bentuknya juga tidak mekar seperti bolu kukus malah berbentuk segitiga. Memiliki serat seperti bika ambon tapi rasa apam. Bolak balik nyari dan nulis kata kunci apam hijau. Keluarnya mesti tidak seperti yang di inginkan.

Menurut saya kue ini agak langka cause di Samarinda sendiri hanya bisa ditemui di Pasar Subuh. Yang jualpun cuma satu…

Setelah sekian lama searching akhirnya nemu juga yg penampakkannya mirip. Itupun dari blognya negara tetangga.

Percobaan pertama gagal total…whoa…bantet.  keras…apek dan mendarat sukses dikeranjang sampah.

Menyerah? Not me banget..gitu loh..

Baca2 lagi., coba di kombain resep satu dengan resep lainnya. Dipercobaan kedua walau dikit bantet untuk rasa anak-anak doyan walau penampakkan nggak sesuai spt apam hijau yang di inginkan.

Percobaan ketiga lebih sempurna walau tektur tidak seperti apam hijau impian.Namun anak-anak doyan

Biar ndak lupa saya tulis dulu aja apam  menul-menul ala saya. Sementara saya tulis pake gelas yg saya gunakan.

16-11-20-18-08-10-293_deco

 

APAM MENUL-MENUL

Bahan

1 gelas nasi yg sdh di fermentasi

1 gelas tepung kanji

1 gelas terigu

1 gelas tepung beras

1 cup gula

2 gelas air

10 Lembar daun pandan

1/4 sdt air abu

1/2 kelapa muda diparut dikukus dengan sedikit garam

 

Cara

  1. Belender daun pandan dengan air lalu sari.
  2. Belender Nasi Fermentasi dengan air pandan lalu saring
  3. Campurkan 3 jenis tepung dalam baskom lalu tuang air nasi. Tambahkan gula lalu aduk rata.
  4. Biarkan semalaman.Saya buatnya malam lalu besok paginya
  5. Tambahkan air abu. Aduk Rata
  6. Panaskan dandang yg sudah diberi air sampai bergolak.Taruh loyang yg sdh diolesi minyak tuang adonan lalu kukus sampai matang

16-11-20-18-06-55-980_deco

 

 

CHERRY TOMOTOES

16-11-15-11-01-40-356_deco

Saya paling jarang beli bibit kecuali bibit sayuran.

Pohon cabe, tomat, daun bawang, melon, srikaya, markisa, delima, jeruk lemon semua saya peroleh dari buah yang saya makan. Niat bangetkan

Keuntungan yang didapet ya hemat uanglah he…he… kerugiannya kalaupun bisa dibilang rugi kadang buah yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang saya makan pertama. Kadang jelek kadang  bagus tergantung kebruntungan saya saat menanam.

Berdasarkan pengalaman menanam tomat cherry yang sudah bolak balik saya lakukan adalah tomat yang dihasilkan rata-rata nyaris tanpa biji walaupun untuk itu saya tidak bisa menggandakan lagi kecuali panggil kyai Kanjeng Taat. So far lumayan lah. Apalagi tomat yang ditanam sendiri menurut saya jauh lebih manis ketimbang beli maklum terpengaruh oleh yang nanem wkkkkwk…. (dilarang sirik 🙂 )

Sayangnya saya menanam di musim penghujan. Buah tomat yang dihasilkan kadang pecah dipohon dan beberapa dalam buahnya menghitam malah sebagian ada yang busuk. Belum lagi serangan si kutu putih yang menjadi-jadi. Hmm jadi faham kenapa saat hujan tomat yang biasanya murah jadi melonjak beberapa kali lipat.

 

16-11-15-09-55-27-734_deco