STRAWBERRY CHOCOLATE WITH CORNFLAKE

DSC02297

Sudah lama jadi anggota Langsung Enak Bali tapi nggak pernah kopdaran. Setiap ada kopdaran pasti bentrok dengan sesuatu.

Plus karna kemarin juga pas lagi sibuk-sibuknya sama kerjaan akhirnya saya mutuskan keluar sementara dulu dari group what upnya. Perhari bisa 1000 lbh bahan obrolan. Memang sih bisa di silent, tapi tangan mesti gatal pengen ngintip.  Hasilnya kerjaan jadi nggak kelar-kelar. Walau begitu saya mah nggak pernah ketinggal berita karna adek tercinta masih aktif di situ.

Mei kemarin kebetulan ada demo dan latbar bareng anggota LE bersama Chef Topan yg di sponsori Chefmate. Ikutlah kalo untuk percoklatan, sementara kerjaan bisa di tinggal kabur dulu sebentar he…he…

Kita diajarin bikin praline, martabak mini dan Strawberry chocolate with cornflake. Plus cara mengolah dan menyimpan chocolate yang bener.

Jadi tau ternyata Chocolate coumpond hanya boleh disimpan dalam suhu ruang dan tidak boleh dimasukkan kedalam kulkas. Tidak mempengaruhi rasa sih namun menyebabkan  chocolate tidak bisa mencair sempurna saat di lelehkan. Melelehkannyapun harus mengunakan api kecil dengan cara di tim dan terus diaduk. Supaya gampang mencair chocolate terlebih dahulu di potong kecil-kecil.

Kebetulan  saat icip-icip langsung jatuh cinta sama rasa Strawberry coumpondnya chefmate. Campuran strawberynya sungguh kerasa karna nggak ada bungkus kecil akhirnya beli bungkus besar paroan dengan si adek.

Saat arisan binggung mau bikin apa, ilmu yang kemarin dikeluarkan toh bikinnya gampang. Cornflake tinggal beli ke toko sebelah.

Sebelum dibawa arisan, orang rumah ngicip dulu. Mulai si bapak sampai ke anak-anak pada doyan. Panci melelehkan termasuk sendoknya licin bersih di jilatin si kecil yg sdh SMP. Karna bikinnya nggak banyak dan semua dibawa kearisan. Akhirnya kemarin buat lagi . Kali ini si Kakak nggak mau kalah ikut ngejilatin sisa coklat yg masih nempel di sendok.

Begitu chocolate bersama cornflake sudah selesai. Bisa bayangkan apa yang terjadi kan?

 

DSC02294

STRAWBERRY CHOCOLATE WITH CORNFLAKE

Bahan

160 gr Strawbery chocolate coumpond chefmate

50 gr cornflake

Cara

  1. Iris Strawbery chocolate chefmate jadi potongan kecil-kecil taruh di panci besar
  2. Panaskan air dipanci kecil sampai mendidih lalu kecilkan api
  3. Taruh panci yang sdh berisi cholate diatas panci yang berisi air panas
  4. Aduk sampai semua choclate mencair. Ciri-ciri choclate yg sdh mencair saat dituang dari sendok akam mengalir mulus walaupun kental
  5. Masukkan cornflake. Aduk rata. Tuang kedalam cetakkan yang sdh dialasi plastik
  6. Masukkan sebentar dalam kulkas hingga mengeras lalu potong mengunakan pisau.
  7. Tipsnya biar chocolate gampang dipotong, pisau dihangatkan dulu diatas api.

 

 

KALE

Jpeg

Lagi-lagi Kale ini bisa dibilang hasil gagal Hidroponik.

Diminggu-minggu awal kehidupannya ini sempat disemai dan dipelihara secara hidroponik dgn sistem apung.
Penasaran masa gagal mulu. Tapi apalah daya ternyata saya bukan orang yang telaten disitu.

Saya lebih suka ngaduk-ngaduk tanah yang bercampur dengan sisa-sisa olahan dapur. Berteman dengan cacing yg membuat geli sebagian orang. Bermusuhan dengan siput-siput, ulat dan kutu-kutu putih yg kadang suka menggangu.

Namun disitulah letak kebahagian saya.

PR selanjutnya adalah mengolah Kale ini. Beberapa teman yg saya tanya sebagian besar dibuat campuran juice….Hmm…sambil menunggu si Kale siap panen saya memikirkan cara mengolahnya. Wish me luck ya…

SARANG SEMUT/ CARAMEL CAKE

DSC02225 copy

Tantangan KBB kali ini bikin Caramel cake yg kenal juga sbg kue sarang semut mungkin karna penampakannya yg berwarna coklat dan memiliki serat spt rumah semut.

Suka banget dgn cita rasa kue ini manis-manis kenyal ditambah dengan aroma karamelnya ituloh yg suka bikin nggak tahan.

Dulu saya penasaran dengan cara buat yg kata teman saya gampang semua tinggal dimasukin dan jadi. Janjinya mau ngajarin saya sih tapi karna kesibukan terlupa sampai akhirnya saya pindah ke Denpasar.

Namun sekarang semua informasi gampang di dapat. Cukup buka Mr Google resep langsung bertebaran di internet. Binggung cara buatnya tinggal buka You tube.

Ini kali ke tiga saya membuat kue ini. Yang pertama sdh lupa tahun berapa, karna waktu itu nggak punya blog jadi ya cukup sampai diperut nggak sampai diabadikan segala. Lagian yg doyan hanya saya.

DSC02216 copy

Okelah demi KBB tercinta, kue ini kita dibuat lagi toh kalo anak dan suami nggak doyan saya bisa bagikan ke karyawan dan pelanggan toko saya.

PD karna sebelumnya sdh pernah buat dan berhasil. Walau demikian langkah yg tertulis di resep KBB saya ikuti. Awalnya semua berjalan lancar dan mulus. Begitu masuk ke dalam tulban adonannya langsung merembes kemana-mana. mungkin karna adonan cake ini lbh cair dr adonan Chiffon cake. Untungnya sebagian besar masih bisa diselamatkan.Tulban saya lapisi dgn aluminium foil dan berharap aman. Welah dalah pas dipanggang sebagian besar odonan tetep saja bocor keluar dan menyisakan hanya sebagian kecil didalam cetakkan itupun tidak bersarang.

Ya sudahlah pikir saya tantangan KBB kali ini dilewatkan saja apalagi batas waktu pelaporan sdh mefettttt. No time utk eksekusi ulang.

Di hari keputus asaan……dapat pemberitahuan dari team host jika waktu pelaporan diperpanjang karna resep direvisi. Yippppie…..

Semua kali ini dipersiapkan sematang mungkin, tulban saya ganti dengan baking pan jadoel pemberian adek yg sdh hampir saya museumkan. Takaran kue yg saya ubah hanya pemakaian gulanya . Selebihnya sesuai jalur.

Saat pemanggangan bolak balik saya intip dr kaca kecil yg ada ditutup atas baking pan. Ahh….kue mengembang sempurna dan terlihat gelembung gelembung kecil dipermukaan cake. Lupa ngasih timer utk lamanya pemangggan jadi hanya berdasarkan filling. Begitu kue saya pegang membal. Api saya matikan….berlari ke atas ngambil kamera. Kuenya menciut….oh tidakkkk. Saya taruh lagi diatas kompor dan api saya nyalakan sambil mulut komat kamit baca doa kayak mbah dukun. Saya timer 10 menit lagi utk ngulang pemanggang…Puji Tuhan begitu diintip kue masih bisa ngangkat sempurna. Huffft bisa bernafas lega. Sekarang waktunya berjoget yihaa…..🙂

Kue Sarang Semut (Caramel Cake)
Resep by Erik Kusuma

Note: pakai takaran cangkir gelas belimbing (vol ± 200 ml)
Bahan A:
500 gr gula pasir putih (saya pake 200gr karna nggak mau kemanisan)
2 gelas air suhu ruang
Masak gula hingga jadi karamel. Masukkan air saat gula sudah berwarna coklat, aduk sesekali saja saat gula kelihatan mencair. Jika terlalu sering diaduk akan menggumpal.

Bahan B
1 ½ gelas tepung terigu segitiga biru (pake gelas 200cc)
½ gelas tepung tapioka

Bahan C
6 butir telur
1 sdt baking powder
1 sdt baking soda

½ kaleng susu kental manis

Cara membuat:
1. Kocok telur dengan whisk/spatula hingga rata. Kocok satu arah (searah/berlawanan jarum jam).
2. Tambahkan baking powder dan baking soda, aduk terus dengan arah yang sama.
3. Tambahkan margarine, aduk terus dengan arah yang sama, tidak perlu sampai larut.
4. Tambahkan tepung terigu dan tapioka, aduk satu arah hingga margarine larut.
5. Masukkan susu kental manis, terus aduk satu arah. Semakin lama pengadukan yang dilakukan di tahap ini, hasil seratnya akan semakin bagus.
6. Masukkan karamel yang sudah dingin. Aduk rata. Tuang di loyang tulban yang sudah diolesi margarine dan tepung terigu.
7. Panggang suhu 180oC selama 45 menit atau hingga kecoklatan, gelembung diatas cake sudah kempes. Potong setelah dingin.

KACANG KUAH/ CHINESE SWEET PEANUT SOUP

DSC02196

Kacang kuah merupakan salah satu hidang favorit saya di masa kecil. Aromanya perpaduan kacang daun pandan dan jahe.Dimakan selagi masih panas bersama cakue.

Kacang Kuah ini atau biasa disebut Chinese Sweet Peanut  ini biasanya diberikan pada akhir makan malam oleh restoran. Hal ini juga dapat disajikan di pesta pernikahan Cina. Peanuts: Simbolisme dari kacang (花生; Huasheng) – kesehatan, umur panjang, kelahiran kemakmuran, pertumbuhan yang berkelanjutan, perkalian dalam kekayaan dan keberuntungan, stabilitas.

Di Bali masih belum ketemu yang jual, terakhir saya menikmatinya 3 tahun yang lalu saat pulang ke Bandung kampung halaman suami.

Nah biar si kacang bisa lumer di mulut masaknya mesti lama atau kalo mau cepat pake panci Presto. Kebetulan magic com saya yg baru ada slow cookernya jadi sekalian nyoba.

 

KACANG KUAH

 

bahan

250 gr kacang tanah kupas

3 lbr daun pandan

1 ruas jahe

gula

2.5 liter air

 

Cara

Cuci kacang tanah

Tempatkan pada mangkok magic com

Masukkan daun pandan, jahe dan air. Tekan tombol slow cooker dan pilih waktu memasak. Saya 8 jam

Setelah empuk baru masukkan gula. Jumlah gula yg dimasukkan sesuai selera kita masing-masing. Masukkan sedikit demi sedikit dulu sambil dicicip apakah tingkat kemanisannya sesuai dengan yg kita inginkan.

Makan bersama Cakue sangat dianjurkan karna kombinasi yg pas antara manisnya kuah kacang dan gurihnya cakue.

DSC02195

 

 

SIOMAY UDANG

Ngamati FB sekarang nyaris seperti pinterest banyak yang bisa dibagikan mulai Video musik, lagu, tutorial  utk dekorasi rumah, kebun maupun resep.

Saya termasuk yang suka  ikut ngeshare hal-hal yang berbau masakkan. Dengan ngeshare berarti kita menyimpan di kronologis FBnya kita. Kapan prakeknya nggak jelas. he…he…

Tapi kali ini apa yg saya simpan ternyata bermanfaat juga. Pas lagi pengen makan siomay tinggal cari resepnya syukur banget ada videonya. Ngikuti step by stepnya gampang.  Begitu di rasa bahan ada dirumah langsung prakteknya. Hasilnya  enak walau bengkoang di sini saya skip karna nggak punya

DSC02188

SIOMAY UDANG

Recipe by Tjai Liem Hiong

Porsi 25 Potong

Bahan
250 gram paha ayam fillet, giling
250 gram udang, kupas dan potong kotak-kotak kecil
1 bengkuang, potong kotak-kotak kecil (saya nggak pake)
1 wortel lokal, potong kotak-kotak kecil
1 bawang bombay, potong kecil-kecil
3 batang daun bawang, potong kecil-kecil
1 sendok makan saus tiram
Gula cair
Kecap asin
1 sendok makan minyak wijen
Merica
250 gram tepung sagu tani
Adonan Kulit

Kulit pangsit
1 buah wortel lokal ukuran sedang, parut
1 putih telur, kocok

Saus: Aduk Rata
5 sendok makan cabai merah botolan cap Jempol
Cuka
Garam
Gula
Air

Caranya
1. Campur semua bahan kecuali tepung sagu tani, aduk rata. Tambahkan tepung sagu, aduk kembali hingga tercampur rata.
2. Ambil kulit pangsit, isi dengan campuran sagu tani, bungkus. Taburi parutan wortel di bagian atasnya. Lakukan hingga adonan habis.
3. Kukus dalam dandang panas di atas api kecil sampai adonan dan kulit pangsit berubah warna. Kukus sebentar lagi. Angkat.
4. Sajikan dengan saus.

Siomay

BUTTERHEAD PART 2

DSC01922 copy

 

Masih ingat tentang cerita 5 tanaman selada saya yg seperti bongkahan bunga hijau yang nyembul diatas permukaan tanah. Dua akhirnya saya panen juga walau dengan berat hati.

Yang 3 saya biarkan tumbuh menjulang keatas.Tidak cantik bahkan perlu disanggah kayu penopang namun saya penasaran. Apakah tanaman ini bisa mengasilkan benih?

DSC01933

Logikanya semua tanaman yg berbunga dan berbuah bisa menghasilkan biji untuk perbanyakan generasi. Tapi jangan salah benih yang sudah pernah mengalami rekayasa genetik belum tentu bisa menghasilkan benih lagi. Hal itu sudah pernah saya alami waktu memperbanyak tomat. Buah tomat yang dihasilkan manis tapi non biji.

Oke kembali ketanaman selada saya, saat tanaman selada saya memasuki usia 2 bulan dihitung dari tanggal tebar benih. Diujung atasnya muncul kucup bunga bergerombol.

DSC01931

Selang seminggu kemudian mulai bermekaran bunga- bunga mungil berwarna kuning.

DSC01954

Sampai di satu sore saya melihat batang bunga yang sudah kering. Diamat-amati kok kosong.Maklumlah sempat beberapa hari nggak pernah nengok tanaman karna satu kesibukkan. Setidak-tidaknya mulai ada harapan.

DSC02098

Setelah beberapa waktu berlalu akhirnya saya dapat melihat benihnya juga. Namun tidak seperti yang saya bayangkan, penampakkannya sungguh tidak menarik seperti gerombolan bunga dendelion. Bentuk benihnya jauh berbeda dengan benih yang saya terima pertama kali untuk ditanam.

Ragu jika bisa tumbuh, namun lagi-lagi tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan. Lumayanlah jika tumbuh saya tidak perlu repot-repot beli benih.

Sebar di rockwool…sambil harap-harap cemas…..ternyata berhasil tuh. Horeeee…..bahagianya bisa meregenerasi tanaman sendiri🙂

 

 

OGURA CAKE

DSC02173

Sebenarnya sudah dari tahun-tahun kemarin melihat ogura cake bertebaran di wall medsos saya. Ngiler tapi malas buatnya ha…ha…ha…

Sampai kemarin group YMYK membuat thema bulanan ini Ogura Cake atau Chiffon cake yang dimotif. Terserah mau di motif apa aja asal cakenya kelihatan cantik. Okelah mari kita bergerak walau didetik-detik terakhir.

Bahan Ogura dan Chiffon cake sama persis yang membedakan proses akhirnya. Dimana Chiffon dibakar menggunakan cetakkan bongkar pasang yang berlubang ditengah setelah matang, loyang langsung di balik. Jika loyang tidak mempunyai kaki maka loyang akan digantuk di leher botol sehingga permukaan cake masih bersentuhan dengan udara terbuka. Membalikkan cake bertujuan untuk mencegah cake menyusut.

Sedang si Ogura saat memanggangnya menggunakan metode Au Bain Marie yaitu proses mengukus dalam oven. Bila menggunakan oven bongkar pasang, luarnya diberi aluminium foil. Karna males lapis melapis dan sayang aluminium foilnya loyang bongkar pasang saya saya taruh dalam loyang yang sedikit lebih besar, lalu loyang ini saya taruh lagi di dalam panci yang saya beri air.

DSC02155

Pewarna yang saya gunakan disini menggunakan bahan-bahan alami yang kebetulan ada dirumah. Bubuk Green tea selalu ada karna memang saya pecinta aromanya, jadi habis pasti beli lagi. Ada bubuk Taro dan Charcoal di bagi ade tercinta oleh-oleh dari temennya. Lumayanlah motif yang dihasilkan terlihat cantik. Aromanya juga tidak saling bertabrakkan. Texturenya sendiri mungkin karna menggunakan au Bain Marie jadi lembut.

OGURA CAKE

Bahan A

5 butir kuning telur

1 butir telur utuh

65 ml minyak goreng

60 ml santan kental (pake kara)

65 gr terigu

15 gr maizena (saya skip)

100 gr gula bubuk

Bahan B

5 butir putih telur

75 gr gula castor

1/4 cream of tartar

Bahan tambahan

1 sdt Bubuk grean tea

1/2 sdt bubuk taro

1/2 sdt bubuk charcoal

Cara

  • Kocok putih telur hingga agak kental masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok
  • Tambahkan cream of tartar. Kocok sampai mengental. Ngeceknya cukup balikkan wadah kocokkan putih telur apabila adonan tidak tumpah berarti sudah siap digunakan
  • Kocok kuning telur dan gula dalam wadah terpisah sampai agak kental, masukkan terigu kocok dengan kecepatan rendah.
  • Masukkan minyak dan santan. Aduk rata.
  • Ambil sepertiga adonan putih telur campur kedalam adonan putih telur. Aduk dengan cara melipat. Setelah rata masukkan campuran ini kedalam sisa adonan putih telur.
  • Bagi adonan menjadi 4 bagian. Satu bagian dibiarkan utuh , satu bagian dicampur dengan bubuk grean tea, satu bagian campur dengan bubuk taro satu bagian dengan charcoal.
  • Tuang adonan warna putih kedalam loyang sebagian. Tuang ditengah adonan hijau, Diatas adonan hijau tuang sebagian adonan taro, diatas adonan taro tuang adonan yang sdh dicampur bubuk charcoal. Lakukan hal tersebut berulang sampai adonan habis
  • Panggang adonan dengan mengunakan sistem au ban marie selama lebih kurang 1 jam

 

DSC02158